Rabu, 06 Juni 2012

TIPS ASYIK BELAJAR MATEMATIKA

Matematika adalah mata pelajaran yang dianggap paling menyeramkan oleh anak,ini disebabkan karena matematika dianggap kaku dan sulit untuk dimengerti.Padahal matematika sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari,bahkan bagi orang biasa yang berpendidikan minim,misalnya  pedagang,pengemis,tukang bangunan,selalu menggunakan matematika untuk menghitung setiap penghasilan mereka.Secara otomatis mereka melakukan perhitungan matematika,baik penjumlahan,pengurangan maupun pembagian.Namun saat ini banyak anak-anak yang tidak mampu atau bahkan tidak mau mempelajari matematika karena merasa matematika sulit dan membosankan.Oleh karena itu diperlukan bimbingan dan peran serta guru dan orang tua disertai niat dari anak itu sendiri.
Berikut ini adalah beberapa tips agar anak-anak tertarik untuk mempelajari matematika dan mereka bisa dengan cepat mengerti pelajaran matematika.
A.Tips untuk para guru agar dapat membuat peserta didik merasa nyaman dan senang dalam belajar matematika di sekolah.
  1. Perencanaan mengajar matematika yang baik
  2.   Sebagai seorang guru yang baik dalam memberikan pelajaran harus mempunyai waktu untuk membuat persiapan dalam mengajar. Hal ini bertujuan agar guru mampu menyampaikan materi dengan sebaik-baiknya sehingga siswa mampu memahami apa yang diajarkan oleh guru.
  3. Pahami suasana kelas
  4.  Perhatikan suasana kelas anda,baik dari segi kebersihkan maupun kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran matematika.Hal ini bertujuan agar tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu atau menghambat jalannya  proses pembelajaran.
  5. Gunakan permainan
  6.  Agar siswa tidak bosan,maka libatkanlah mereka dalam sebuah permainan matematika,misalnya permainan pasar-pasarnya.disini mereka dapat belajar penjumlahan,pengurangan,pembagian dan lain sebagainya.
  7. Penggunaan media belajar yang bersifat konkret
  8.  Gunakanlah benda-benda yang konkret yang berada di lingkungan sekitar peserta didik dalam menjelaskan materi yang disampaikan,agar siswa mampu melihat langsung apa yang dimaksud oleh guru,misalnya untuk mengajarkan materi pecahan,kita dapat menggunakan sebuah apel,yang dipotong menjadi dua untuk menunjukan ½.
  9.  Penggunaan cerita
  10.  Ceritakanlah sebuah cerita anak-anak yang didalamnya berisi konsep matematika,untuk lebih jelasnya mungkin dapat diperagakan langsung.sehingga siswa          lebih mudah memahami konsep matematika dan membuat anak-anak menjadi senang.
  11. Terapkan Diskusi
  12.  Lakukanlah diskusi dalam pemecahan saoal-soal yang belum dipahami siswa,baik secara diskusi antar teman ataupun antar kelompok dengan bimbingan dari guru.
B.Tips untuk para orang tua agar anaknya menyukai matematika
  1. Tanamkan konsep pada diri anak
  2.   sebagai orang tua kita  harus mampu menanamkan konsep pada diri anak kita,bahwa matematika bukanlah pelajaran yang sulit,tetapi matematika merupakan pelajaran yang unik dan menyenangkan,sehingga anak yang takut akan matematika menjadi tertarik untuk mempelajarinya.
  3. Mengawasi anak belajar dirumah
  4. Kita harus selalu mengawasi dan member dukungan pada anak agar mau belajar matematika,misalnya dengan memberi pujian atau hadiah jika ia memperoleh nilai bagus,tapi jika nilainya kurang bagus jangan marahi anak.Berilah ia dukungan agar lebih giat belajar.
  5. Membantu anak mengerjakan PR
  6.  Setidaknya sebagai orang tua yang baik,kita setidaknya menguasai sedikit materi matematika yang diperoleh anak di sekolah,sehingga kita dapat memberi masukan atau bantuan dalam mengerjakan tugas rumah anak.
C Tips untuk para peserta didik agar mencintai matematika
  1. Jadikan matematika sebagai hobby
  2.   Tanamkan pada diri kita untuk menjadikan  matematika sebagai hal-hal yang kita senangi,misalnya ketika kita berhasil menjawab soal matematika,maka akan timbul rasa puas dan membuat kita semakin percaya diri akan kemampuan kita.
  3.  Kenali,pahami dan cintai keunikan matematika
  4.  Kita akan mudah memahami matematika jika kita telah mengenal matematika dan akhirnya kita akan mencintai matematika jika kita sudah tau keunikan yang tersimpan dalam pelajaran matematika.
  5.  Perbanyak belajar dan latihan mengerjakan soal-soal matematika
  6.  Matematika harus dipelajari secara bertahap mulai dari dasar.Kita harus sering latihan mengerjakan soal-soal matematika,karena biasanya soal matematika dibuat dengan berbagai bentuk,tapi pada dasarnya kita akan mudah mengerjakan soal-soal matematika jika kita mampu memahami konsep yang ada didalamnya.Bagaimanapun bentuk soalnya dibuat kita pasti bisa memecahkannya.
  7. Bersabar
  8.  Kita harus tetap bersabar dalam memecahkan soal matematika,karena secara perlahan dan dengan ketelitian maka soal tersebut pasti bisa dipecahkan.
  9. Jangan pernah menyerah
  10.   Dalam mempelajari matematika hindarilah kata MENYERAH,sebab menyerah adalah awal dari kegagalan,tetaplah berusaha dan mencari sumber-sumber informasi dari buku atau dari orang yang lebih pintar.INGAT! ”Malu Bertanya Sesat Dijalan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar